JALANAN TAK SELAMANYA NEGATIF


Jalanan pasti kebanyakan orang menilai dunia jalanan itu identik dengan hal hal negatif. Bagaimana tidak fenomena anak jalan sekarang ini memang menyuguhkan hal hal negatif seperti premanisme, pencopetan, perkelahian, balapan liar dll.

Namun anda jangan salah dibalik semua itu sebenarnya dunia jalanan banyak menyimpan hikmah, motivasi dan inspirasi. Kenapa ???
Ini menurut pengalaman saya. di jalanan itu kita akan selalu di suguhi hal hal beragam setiap harinya walapun kebanyakan akan disuguhi hal hal yang negatif namun kita jangan terjerumus ke dalamnya tapi kita harus pintar mengambil hikmahnya dari hal hal yang kita lihat, dengar dan rasakan ketika di jalanan.
Saya yakin kalian pasti selalu pintar dalam menilai penomena yang kalian lihat namun terkadang kalian hanya bisa menilai tanpa mendengar tanpa tau apa sebenarnya terjadi. 

Dijalan saya sering sekali bertemu orang berbeda baik itu tukang parkir, tukang dagang, pereman dll. Di samping saya bertemu dengan mereka saya terkadang selalu berbincang bincang walau hanya sedikit dan agak ngawur tapi saya selalu mengambil hikmah dan kesimpulan dari setiap perbincangan yang saya lakukan .

seperti waktu itu saya pernah bertemu seorang tukang parkir di kota Tasikmalaya walaupun pertemuannya tidak di sengaja karena waktu itu saya sedang menunggu teman saya yang sedang melakukan penelitian untuk skripsinya. Perbincangan saya mulai dengan saling menyapa dan bercanda namun lama kelamaan kami mulai berbicara agak serius sampai beliau menjelaskan pengalaman hidupnya sampai yang paling mencengangkan ketika di tengah perbincangan tiba tiba ada seorang anak yang memberikan selembar kertas, ternyata itu adalah anaknya dan selembar kertas yang di berikan ternyata adalah sertifikat juara renang . wow luar biasa .
Saya sebenarnya ingin bertanya namun beliau malah menjelaskan duluan bahwa anaknya selain sekolah umum, anaknya juga di sekolahkan di salah satu sekolah renang di tasikmalaya. Dan yang membuat saya kaget beliau bisa membeli mobil dan rumah dari jasanya menjadi tukang parkir dan istrinya yang bekerja sebagai pedagang kaki lima.
Menurutnya meskipun beliau hanya seorang tukang parkir tetapi tetap harus memiliki tujuan hidup supaya hidupnya terarah dan semakin membaik kelak di masa depan. Maka dari itu di butuhkan cita-cita usaha dan manajemen yang bagus. Wow luar biasa !!!

Sebenarnya masih banyak cerita saya namun pada intinya jangan terlalu dini dalam menilai hal yang kita lihat tanpa kita tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalamnya terkadang kita merasa bahwa diri kita paling baik, paling sempurna dari pada orang lain, padahal banyak sekali hal hal luar biasa yang dilakukan orang lain yang terkadang kita anggap rendah derajatnya di banding kita namun setelah kita tahu hal hal yang dilakukannya ternyata sangat luar biasa dan memotivasi itu bisa membuat kita malu sendiri. 

Seperti sabda Rasulullah
"Manusia itu seperti gigi gigi sisir, tak ada yang membedakannya kecuali takwanya"
Tags :

Related : JALANAN TAK SELAMANYA NEGATIF

0 Response to "JALANAN TAK SELAMANYA NEGATIF"

Post a Comment