5 Gunung Terindah di Indonesia

Posisi Indonesia yang berada pada titik pertemuan tiga lempeng tektonik (tectonic plate) yang saling bertabrakan yaitu lempeng Eurasia, Lempeng Indo Australia dan Lempeng Pasifik, membuat Negara Indonesia tercabik-cabik dan pada akhirnya membuatnya menjadi rangkaian gunung api aktif (rangkaian Gunung Api Indonesia). 

Akibat benturan ketiga lempeng tersebut, membuat retaknya beberapa bagian pada kerak bumi, selain menimbulkan panas, juga memproduksi batuan cair (magma). Melalui retakan-retakan tersebut yang bisa dikatakan sebagai bidang lemah, magma cair tersebut terdorong naik ke permukaan bumi dan membentuk kerucut-kerucut gunung api.
Zona subduksi yang terbentuk sangatlah luas, dimulai dari sisi selatan barat Pulau Sumatera hingga sisi selatan Pulau Jawa. Zona tersebut berlanjut hingga ke Nusa Tenggara yang memanjang dari barat ke timur. Lalu di bagian timur Nusantara jalurnya memutar, dimulai dari Laut Banda di Maluku. Zona subduksi inilah yang membuat Indonesia kaya akan gunung api dan dikenal sebagai Ring of Fire.

Danau sagara anakan dari atas bukit II Gunung Rinjani
1. Gunung Rinjani
Salah satu gunung tercantik dan terindah yang jadi favorit banyak pendaki. Rinjani berdiri mempesona di tengah pulau Lombok, salah satu pulau indah yang jadi tujuan wisata di Indonesia. Ketinggiannya yang cukup menjulang, serta pesona alamnya yang begitu mempesona membuat Rinjani belakangan ini kebanjiran pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu spot paling banyak dituju adalah danau segara anak, sebuah danau besar serupa kawah di tengah-tengah gunung cantik ini. Selain punya pesona keindahan yang tak ada duanya, Rinjani juga merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa gunung ini begitu disukai para pendaki.

Ranu kumbolo II Gunung Semeru
2. Gunung Semeru
Nampaknya Semeru kini sudah terlalu hits, sehingga saya tak perlu lagi membahas secara panjang lebar tentang gunung yang satu ini. Pokoknya gunung ini indahnya poll banget, dan juga merupakan gunu tertinggi di pulau jawa. Mahameru sebagai puncaknya merupakan tempat yang sangat legendaris, ada juga Ranu Kumbolo sebagai salah satu danau paling indah yang ada di Indonesia. Gunung ini makin hits setelah beberapa tahun lalu dijadikan setting film 5 cm. Sayangnya dengan semakin hits dan banyaknya pengunjung, Semeru kini semakin kotor dengan banyaknya sampah yang ditinggalkan para pendaki yang tak bertanggungjawab.

Sabana 1 II Gunung Merbabu
3. gunung Merbabu
Sekarang ini, Merbabu lagi berada dalam jajaran gunung paling hits di Indonesia. Dengan keindahan padang savananya, serta view langsung ke gunung Merapi, gunung ini berhasil menarik banyak pendaki untuk menjamahi puncak-puncaknya. Merbabu ada di Jawa Tengah, dan termasuk ke dalam 4 wilayah kota, Magelang, Boyolali, Salatiga dan Semarang, sehingga gunung ini punya banyak jalur pendakian yang bisa kamu lalui, dengan yang paling populer dari Selo Kabupaten Boyolali.

Menuu Puncak Sejati II Gunung Raung
4.  Gunung Raung
Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember.  Secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 m)

Padang Cikasur II Gunung Argopuro
5. Gunung Argopuro 
Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.  Gunung ini termasuk bagian dari Pegunungan Iyang, sehingga kompleks ini sering disebut Iyang-Argapura. Kompleks Iyang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m.  Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Tags :

Related : 5 Gunung Terindah di Indonesia

0 Response to "5 Gunung Terindah di Indonesia"

Post a Comment