Gunung Aconcagua Amerika Selatan

Gunung Aconcagua adalah Gunung yang tertinggi kedua dari tujuh puncak, di belakang hanya Gunung Everest di Asia. Pada 22,837 kaki (6.961 meter), tidak hanya itu gunung tertinggi di Amerika Selatan, itu adalah puncak tertinggi di seluruh Amerika serta Selatan dan Barat Hemispheres.

Hal ini tidak diketahui di mana nama tersebut berasal dari Aconcagua, tapi satu teori adalah bahwa itu berasal dari Aconca Hue, sebuah Arauca frase yang diterjemahkan sebagai "berasal dari sisi lain" - yang berarti sisi lain dari sungai Aconcagua. Kemungkinan lain adalah bahwa itu berasal dari Ackon Cahuak, kata Quechuan berarti "batu sentinel." Pilihan lain untuk asal nama adalah frase Quechuan Ancho Cahuac atau "sentinel putih," atau Aymara Janq'u Q'awa, yang berarti "jurang putih."

Sementara beberapa berpikir Aconcagua adalah gunung berapi, tidak. Gunung ini terbentuk Ketika Lempeng Nazca dan Lempeng Amerika Selatan bertabrakan Selama relatif baru-baru ini orogeny Andean, didefinisikan sebagai periode pembentukan gunung melalui perpindahan ke atas dari kerak bumi.

Dimana Aconcagua?
Aconcagua terletak di Argentina, di provinsi Mendoza, dan terletak 70 mil (112 kilometer) barat laut dari ibukota provinsi, Mendoza, dan 9,3 mil (15 km) dari perbatasan dengan Chile.

Di sebelah utara dan timur adalah Valle de las Vacas, dan ke barat dan selatan adalah Valle de los Horcones Inferior. Gunung ini merupakan bagian dari Provinsi Aconcagua Park, kawasan alam yang dilindungi di Andes itu didirikan pada tahun 1983.

Iklim di Aconcagua
Gunung ini dihiasi dengan gletser, dengan yang terbesar menjadi Ventisquero Horcones Inferior, yang merupakan 6,2 mil (10 km) panjang dan dekat kamp Confluencia pada wajah selatan di sekitar 11,811 kaki (3.600 m). sistem gletser besar lainnya termasuk Ventisquero de las Vacas Sur, Glaciar Este / Ventisquero Relinchos dan utara-timur atau Polandia gletser, yang adalah rute pendakian yang populer.

Selama musim panas, suhu di malam hari di atas 16.400 kaki (5.000 m) adalah sekitar minus 4 F (minus 20 C), dan suhu yang khas di puncak minus 22 F (minus 30 C). Kondisi dingin, bersalju dan tak terduga mencegah paling dari mencoba ke puncak di musim dingin.

Kehidupan di Aconcagua
Ada cukup banyak satwa liar dan vegetasi di Aconcagua Dibandingkan dengan beberapa dari tujuh puncak lainnya. Ada sejumlah semak-semak rendah, seperti kayu bakar kuning, yareta dan tanduk kambing, dan ada padang rumput terbuka terdiri dari rumput seperti huecĂș dan Ichu.

Banyak jenis burung mendiami daerah, termasuk condor, elang ungu dan spesies burung berkik disebut agachona. Sandpiper melihat dan torrrentes, jenis bebek, berkembang di beberapa daerah dengan air. tikus gunung dan rubah merah adalah salah satu hewan darat yang paling umum.

mendaki Aconcagua
Sekitar 60 persen dari pendaki yang mencoba gunung berhasil mendaki puncak. Karena itu tidak naik sangat teknis, banyak keliru percaya itu akan menjadi pendakian mudah. Lebih dari 135 pendaki telah meninggal pada Aconcagua - terutama karena komplikasi dari penyakit ketinggian, tapi juga dari jatuh, serangan jantung, hipotermia dan penyebab lain dua cuaca buruk - dan sekitar tiga pendaki meninggal setiap tahun di Aconcagua.

Rute yang paling umum sampai Aconcagua adalah normal Route sepanjang Northwest Ridge. Total dibutuhkan sekitar 21 hari dari Mendoza, termasuk hiking ke dasar gunung, Membangun kamp, ​​melakukan tanjakan aklimatisasi, summiting dan turun.

Tonggak dalam sejarah Aconcagua
1897: pendaki gunung kelahiran Amerika Edward FitzGerald memimpin pendakian pertama yang diketahui Aconcagua. pendaki Swiss Mathias Zurbriggen Capai KTT sendiri pada 14 Januari, Diikuti beberapa hari kemudian oleh Nicholas Lanti dan Stuart Vines, yang juga anggota tim ekspedisi.

1940: Prancis pendaki Adrienne Bance adalah wanita pertama yang mencapai puncak sebagai bagian dari sebuah ekspedisi dari Andinist dari Club of Mendoza.

1953: Argentina E. Huerta, H. Vasalla dan F. Godoy melakukan pendakian musim dingin pertama dari September 11 sampai 15.

1984: titoune Meunier adalah wanita pertama yang mendaki South Face. Dia Capai puncak, bersama dengan mantan suaminya John Bouchard, menggunakan Perancis 1954 / Messner rute.

1985: Sebuah kerangka terawat ditemukan di 17.060 kaki (5.200 m) di punggungan barat daya dari Cerro Piramid, sebuah sub-puncak Aconcagua, memberikan bukti Bahwa Inca pra-Kolombia telah naik Aconcagua.

2007: Scott Lewis, di 87, adalah orang tertua ke puncak Ketika Dia membuat pendakian Nya di 26 November

2008:. Pada tanggal 16 Desember, Matthew Moniz, 10, dari Boulder, Colo, Apakah termuda untuk mencapai puncak.

2013:. Tyler Armstrong, seorang bocah berusia 9 tahun dari Yorba Linda, California, Rencana untuk mencoba menjadi yang termuda ke puncak Ketika Dia menetapkan pada bulan Desember 2013.
Tags :

Related : Gunung Aconcagua Amerika Selatan

0 Response to "Gunung Aconcagua Amerika Selatan"

Post a Comment