Sanghyang Taraje Curug Eksotis di Garut Selatan

Berbicara mengenai curug atau air terjun ternyata garut juga memiliki air terjun yang sangat unik namanya curug sanghyang taraje. Taraje dalam bahasa sunda artinya tangga, curug atau air terjun. Memang bentuk curug ini seperti taraje dan tampak gagah, dengan tinggi kurang lebih 80 m. Curug yang indah ini masih bisa masuk kategori kekayaan alam yang masih perawan karena masih jarang sekali orang yang berkunjung kesini.
jalan menuju curug sangyang taraje garut
Curug sangyang taraje dari kejauhan [photo by wisatakuliner09.blogspot.com]
Curug yang berlokasi di wilayah kampung Kombongan Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut ini, memang cukup terisolir. Padahal pemandangan di lokasi yang berada pada ketinggian 460 dpl sangat indah. Untuk menuju curug snghyang taraje bisa ditempuh kurang lebih 54 Km atau 2 jam dari Kota Garut menuju arah Bungbulang atau Pakenjeng, namun dari Kp.Cisandaan dekat pasar berbelok ke arah kanan tidak terus ke Bungbulang. Kondisi jalan menuju kecamatan pamulihan bisa dibilang cukup baik, meskipun tidak terlalu bagus tapi sepanjang perjalanan kita akan disuguhi keindahan perkebunan teh yang sangat asri dan menyejukan

Bila kita sudah menemukan kantor kecamatn pakenjeng itu tandanya perjalanan kita sudah dekat lurus saja ke depan bila ada pertigaan jangan ambil kanan melainkan lurus saja kalau tidak salah dulu jalannya agak sedikit menurun. Sedikit ke depan kita akan menemukan pertigaan lagi maju, nah untuk sekarang kita ambil jalur kiri. Perjalan dari sini sampai menu curug sangat ekstrim selain jalan yang sempit terdapat tanjakan tanjakan yang sangat curam serta jurang jurang yang dalam di sepanjang jalan. Tapi percayalah walaupun jalannya sangat merika pemandangan di sini sangat sangat indah hamparan peswahan yang berundak membuat susasana di sepanjang perjalanan tidak akan membosankan.

Untuk menuju curug ini di sarankan menggunakan motor, bila anda kebetulan membawa mobil anda bisa memarkirkannya di kampong pas pertigaan nanti lalu menggunakan ojek sampai lokasi. Kenapa harus menggunakan motor ? karena kalau harus membawa mobil melwati jalan yang curam di takutkan akan terjadi apa-apa. Apalagi bagi kalian yang terbiasa membawa mobil di sekitar kota yang memiliki jalan yang halus dan lebar.

Untuk menemukan Curug ini cuga sangat mudah karena curug ini akan terlihat di jalan yang akan kita lewati. Setelah kita Bisa melihat curug dari jalan yang kita lewati kita bisa turun ke bawah mengikuti jalan setapak yang sudah ada.

Related : Sanghyang Taraje Curug Eksotis di Garut Selatan

0 Response to "Sanghyang Taraje Curug Eksotis di Garut Selatan"