Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan


  • Basecamp  – Pos 1 Cigowong (2jam-3 jam )
Dari bascamp pendakian waktu yang diperlukan dari pos 1 sampai ke pos 2 adalah 2 -3 jam perjalanan. Di pos 2 atau Cigowong inilah terdapat sumber air, dan menjadi sumber air yang terakhir karena selanjutnya sudah tidak ada lagi. Pos Cigowong adalah lahan yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan besar. Di pos ini mampu menampung puluhan tenda dan nyaman untuk bermalam karna akan terhindar dari angin gunung secara langsung. Trek di awal perjalanan didominasi dengan trek menanjak dan menyusuri lembah naik turun.
  • Pos 1 Cigowong – Pos 2 Kuta (30 menit - 1 jam ) 
Dari cigowong menuju pos Kuta cukup 30 menit - 1 jam saja namun jalurnya menanjak, jadi tetap terasa melelahkan
  • Pos 2 Kuta – Pos 3 Pangguyangan Badak (45 menit - 1 jam )
Dari pos 2 menuju pos Pangguyangan Badak dibutuhkan waktu sekitar 45 menit - 1 jam. Jalur menuju pos Pangguyangan Badak melewati jalan yang lumayan landai namun agak sedikit memutar. 
  • .Pos 3 Pangguyangan Badak – Pos 4 Arban (1 - 1,5 jam)
Dari pangguyangan badak menuju Pos Arban bisa dibilang perjalanan yang cukup melelahkan karena sebagian besar didominasi trek menanjak. Waktu yang diperlukan mencapai 1 - 1,5  jam perjalanan.
  • Pos 4 Arban – Pos 5 Tanjakkan Asoy (30 menit - 1 jam)
Selanjutnya dari pos arban menuju tanjakan asoy di perlukan waktu sekitar 30 menit - 1 jam. tanjakkan Asoy. Untuk mencapainya kita harus melalui tanjakkan yang sangat berat dan lekstrim.
  • Pos 5 Tanjakan Asoy – Pos 6 Pasanggrahan (1 - 1,5 jam)
Dari tanjakan asoy menuju pos 6 pesanggrahan memerlukan waktu sekitar 1 - 1,5 jam jalur yang dilalui hampir sama seperti jalur tanjakan asoy yang di dominasi jalur yang menanjak dan ekstrim
  • Pos 6 Pesanggrahan – Pos 7 Sanghyang Ropoh (45 menit - 1jam)
dari pos 6 pesanggrahan menuju Pos Sanghiyang Ropoh juga masih di dominasi jalur yang sama, kita harus berjibaku menghadapi jalan menanjak yang ekstrim yang didominasi oleh bebatuan bekas lelahan lava. Di pos Sanghyang Ropoh kita akan menjumpai percabangan yakni percabangan antara jalur Apuy dari Majalengka, persimpangan ini dinamakan “Simpang Apuy”. Menuju pos Sanghyang Ropoh kita akan memasuki Vegetasi Cantigi dan Adelweiss.
  • Pos 7 Sanghyang Ropoh– Pos 8 Goa Walet (45 menit - 1jam)
Dari sanghyang ropoh menuju pos Goa Walet diperlukan wakyu sekitar 45 menit - 1 jam. Goa walet adalah lahan yang cukup luas bisa menampung 8-10 tenda. Di pos Goa Walet inilah menjadi tempat fovorit pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di sini biasanya pendaki bermalam untuk besok dini hari paginya mendaki menuju puncak untuk mengejar sunrise. Untuk tambahan menurut cerita dari beberapa pendaki dan waga sekitar di sini tidak boleh ceramah sembarangan.
  • Pos 8 Goa walet – Puncak Ciremai (30 - 45 menit )
Dari goa walet menuju puncak gunung ciremai diperlukan waktu sekitar 30-45 menit . Di puncak Ciremai kita bisa menyaksikan indahnya daerah Majalengka, Cirebon, Laut Jawa, serta Gunung Slamet yang menjulang gagah di sisi timur. Puncak Gunung Ceremai memiliki kawah atau kaldera yang cukup besar. Puncak Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3078 mdpl dan terdapat batu triangulasi. Namun hati hati jika berjalan di pinggiran kawah gunung ciremai selain bebatuan yang licin kondisi angin yang kadang kadang bertiup kencang juga bisa mengancang para pendaki terjun bebas ke dalam kaawah.




INFORMASI GUNUNG CIREMAI
Ketinggian: 3.078 mdpl
Lokasi: Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat
Letusan terakhir: 1938
Pengelola: Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
Alamat: Jl. Raya Kuningan-Cirebon Km 9 No 1 Manislor Jalaksana Kuningan, Jawa Barat 45554
Telp/fax : (0232) 613152
Email : btn_gciremai@ymail.com
Facebook : Btn Gunung Ciremai
Yotube : Data Base TNGC
Website: http://tngciremai.com

sumber info pendaki 
Tags :

Related : Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan"

Post a Comment