JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI VIA APUYJAWA BARAT INDONESIA

dimasadi16.wordpress.com

Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa barat, gunung ciremai ini memiliki 3 jalur pendakian yang biasa dipakai oleh para pendaki diantaranya adalah jalur Apuy (Majalengka), jalur Palutungan (Kuningan) dan jalur Linggarjati (kuningan) dimana setiap jalur memiliki grade yang berbeda-beda.
Gunung seluas sekitar 15.000 hektare ini. Lanskap alamnya menyimpan banyak sekali kejutan dan keramahan untuk para pendakinya. Hutan yang masih alami, udara yang semakin dingin, serta tantangan selama pendakian menjadi pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan.
Vegetasi pada ekosistem hutan di Gunung Ciremai ini memiliki kondisi yang unik dan khas. Tampak jelas tingkatan dan zona pertumbuhannya yang ditentukan berdasarkan tingkat ketinggian.
Dari ketinggian 2.400 mdpl-3.000 mdpl, vegetasi tumbuhan yang menghias gunung ini didominasi jenis Cereme, Pelending, dan Edelweiss. Vegetasi pada zona puncak khususnya Edelweiss merupakan salah satu daya tarik utama bagi pendaki.
Lain lagi pada zona tengah yang berada di ketinggian 2.000 mdpl-2.400 mdpl. Vegetasi alamnya didominasi jenis Jamuju, Kigaulan, dan Kisalam. Namun, pada ketinggian 1.400 mdpl-2.000 mdpl ini sudah termasuk zona bawah. Pada zona ini penghuni alamnya lebih variatif dan pohon banyak ditumbuhi jenis epifit dan lumut. Pasang dan Masawa menjadi yang paling dominan pada bagian ini.
Untuk mencapai puncak Ciremai ada 3 jalur yang dapat Anda tempuh, yaitu rute Apuy di kabupaten Majalengka, rute Linggarjati dan palutungan di kabupaten Kuningan , Namun. Rute Apuy lah yang menjadi terfavorit untuk para pendaki. Alasan rute ini menjadi yang terfavorit karena jalannya lebih landai sehingga lebih mudah untuk pemula.

JALUR APUY
Transportasi menuju jalur pendakian Apuy tidak sulit. Biasanya tempat yang pertama dituju yakni perempatan kadipaten Majalengka atau terminal Majalengka. Untuk akomodasi selanjutnya bisa memakai angkot, minibus elf, atau angkutan umum lain. Dari perempatan kadipaten atau terminal tersebut dilanjutkan menuju Apuy. Biasanya ada pula yang men-carter mobil puck-up, biaya Rp 20.000/orang (tergantung juga sih). Yang penting pinter-pinter saja cari akal, kalau orang banyak bisa carter mobil, kalau cuma 3 atau 6 orang mending pakai angkutan umum

Base camp – Pos 1 (30-45 menit)
Di basecamp Apuy kita mendaftarkan diri atau membeli tiket masuk ke gunung Ciremai. Hal tersebut karena Gunung Ciremai masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ya jadi masukknya harus bayar dan daftar secara resmi. Tiket masuk Gunung Ciremai Rp 50.000/orang, sejak April 2015. Harga ini dianggap sangat mahal oleh masyarakat setempat dan juga oleh para pendaki.
Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya perjalanan diteruskan menuju Pos 1. Namun untuk menuju pos 1 biasanya pendaki diantarkan sekalian dengan mobil pick-up yang disewa, atau angkutan lain. Hal tersebut dikarenakan jalan menuju Pos 1 dari basecamp pendaftaran jalur Apuy lumayan jauh dan jalan didominasi jalan beraspal. Jadi mendingan memakai angkutan saja daripada jalan karena akan menguras tenaga. Namun bagi yang ingin jalan saja juga tidak apa. rata-rata dibutuhkan 30menitan-45menit.

2    Pos 1 – Pos 2 Arban (30 -45 menit)
Selanjutnya menuju pos 2 juga tidak terlalu lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit. Trek menuju pos 2 atau Arban lumayan enak, jalan masih landai namun semak-semak sudah mulai rimbun.

3    Pos 2 Arban – Pos 3 tegal masawa (45 m – 1 jam )
Trek menuju Pos 3 Tegal Masawa sudah mulai berat namun trek menanjak masih tetap terkendali. Kanan kiri sudah mulai dipenuhi pepohonan rimbun. Jadi harus tetap waspada dan hati-hati.

4    Pos 3 – Pos 4 Tegal Jamuju (45 - 60 menit)
Untuk mencapai tegal jamuju dari pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 45 – 60 menit tergantung dari lamanya kita berjalan dan beristrahat

5    Pos 4 – Pos 5 Sanghyang Rangkah (1,5 -2 jam)
Selanjutnya menuju Pos 5 kita akan melewati trek yang cukup panjang. Diperlukan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam untuk sampai ke Pos 5 Sanghyang Rangkah.

6    Pos 5 – Pos 6 Goa Walet (2- 2,5 jam)
Jalur menuju pos 6 Goa Walet ini digadang-gadang sebagai jalur terberat pendakian gunung Ciremai via jalur Apuy. Dan dii pos Goa Walet inilah menjadi pos fovarit para pendaki untuk mendirikan tenda, karna bisa muat banyak tenda. Ditambah lagi lokasi yang tertutup oleh bebatuan goa dan pepohonan jadi tenda akan terhalang oleh angin gunung atau badai. Di pos Goa Walet ini biasanya pendaki bermalam untuk di pagi harinya merekasummit attack (mendaki menuju puncak untuk mengejar sunrise).
Dalam perjalanan menuju Pos 6 atau Goa Walet kita akan bertemu dengan perigaan yang mempertemukan jalur Apuy dengan jalur Palutungan. Waktu tempuh dari pos 5 sampai pos 6 Goa Walet yakni sekitar 2 – 2,5 jam

7    Pos 6 – Puncak Ciremai (30 menit – 1 jam)
Puncak ciremai dari pos 6 dapat kita tempuh dengan waktu 30 – 1 jam bukan karena treknya yang panjang namun medan bebatuan yang terjalah yang membuat perjalanan kita sedikit terhambat.


 selain dari pengalaman pribadi tulisan ini di ambil dari beberapa sumber
bukan semata untuk menjiplak karya orang lain
tetapi lebih kepada keinginan untuk membagikan
informasi yang akurat yang di butuhkan para pembaca
baca lebih lanjut di 
Tags :

Related : JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI VIA APUYJAWA BARAT INDONESIA

0 Response to "JALUR PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI VIA APUYJAWA BARAT INDONESIA"

Post a Comment